Monday, September 17, 2012

Air dan Minyak

Kalo lagu Naif itu Air dan Api, mungkin untuk lagu saya Air dan Minyak. Dimana maksud dari perumpamaan ini adalah ketika Air dan Minyak tidak bisa disatukan apapun caranya. Massa jenis Minyak yg lebih ringan dibanding Air membuat ia mengambang lesuh di atas permukaan Air. Air dan Minyak. Yang tidak akan pernah bersatu.
Seindah apapun wadah yang digunakan untuk menampung Air dan Minyak, sekuat apapun sendok mengaduknya, Minyak akan kembali ke atas, Air akan kembali ke bawah. Air dan Minyak. Yang tidak akan pernah bersatu.
Air dan Minyak. Air yang memiliki gugus polar, sedangkan Minyak berupa zat yang memiliki gugus non-polar. Perbedaan ini menyebabkan keduanya tidak bisa menyatu, karena gugus polar hanya dapat bersatu dengan gugus polar, dan begitu pula dengan gugus non-polar yang hanya bisa bersatu dengan gugus non-polar.
Air dan Minyak. Yang tidak akan pernah bersatu.
Mungkin, seperti itulah mereka. Bagaikan Air dan Minyak yang berada dalam satu wadah cantik, namun tetap tidak dapat bersatu karena mereka memiliki perbedaan tingkat polaritas. Kasihan. Padahal, mereka berdua sama-sama hanyalah cairan biasa, yang dibuat oleh tangan Tuhan Yang Maha Kuasa.
Semoga, Air dan Minyak, suatu saat nanti akan bersatu. Air dan Minyak. Yang suatu saat akan bersatu.

2 comments:

Anonymous said...

Air dan minyak bisa dihomogenkan kok. Caranya : ditambah dengan sabun, lalu aduk. Coba aja di dapur kamu cuci piring kotor bekas gorengan.

karin said...

oh iya gw lupa ada teknologi yang namanya sabun. makasih udah diingetin.